KS-005: “MIC KANCING” tanpa baterei dengan penyesuai Impedansi

“Mic Kancing” adalah istilah awam (bahasanya orang Kediri) yang dipakai untuk menyebut Mic Kecil yang dipasang di baju imam masjid/mushola pada saat sholat. Dinamakan “Mic Kancing” karena biasanya pemasangannya dikancingkan di kerah baju sang Imam. Setiap Masjid atu Mushola pasti sangat memerlukan Mic jenis ini.

Umumnya jenis Mic yang digunakan adalah “Condensor Microphone” yaitu rangkaian microphone dalam semikonduktor yang bekerjanya memerlukan supply arus listrik DC. Maka tak mengherankan jika Mic Kancing yang dijual di toko selalu dilengkapi baterei pada kotak kecil di ujungnya. Meskipun Mic jenis ini sangat mudah di beli di toko (harganya bervariasi mulai 80 ribu hingga ratusan ribu), tahukah teman2 bahwa sebenarnya Mic produksi “Toko” tersebut sebenarnya punya 2 kelemahan mendasar yaitu:

  1. Memerlukan Baterei. Karena sistem kerja Mic ini memerlukan supply arus listrik maka secara berkala harus “dibongkar’ untuk diganti batereinya jika baterreinya telah habis. Belum lagi adanya “stelan” yang tak stabil akibat berkurangnya arus baterei. Jadi, minimal setiap seminggu sekali potensiometer di Ampli harus disetel ulang (volume Mic diperbesar sedikit) karena semakin berkurangnya tingkat kepekaan Mic akibat semakin berkurangnya arus baterei. Terus terang pekerjaan “nyetel” ampli secara berkala ini cukup menjengkelkan.
  2. Tidak bisa diubah impedansinya. Impedansi suatu Mic menentukan  tingkat kepekaan yang diinginkan. Kadangkala kita menginginkan kepekaan yang tinggi artinya dari jarak jauhpun suara sudah bisa tertangkap microphone (untuk keperluan rekaman misalnya). Namun kadangkala kita justru perlu Mic yang tidak begitu peka (saat situasi bising misalnya). Nah pada Mic built-up toko tidak menyediakan Potensiometer untuk mengatur tingkat kepekaan ini.

Berawal dari 2 kelemahan di atas, maka saya mendesain model “Mic Kancing” yang:

  1. Tanpa baterei
  2. Bisa diatur tingkat kepekaannya

Prinsipnya sebenarnya sederhana saja, yaitu:

  1. Memanfaatkan sistem umpan kolektor pada condensor mic. Kalau dibedah lebih lanjut, pada condensor mic sebenarnya terdapat satu Transistor penguat tipe NPN dengan sistem Emiter Grounded, umpan output diambil dari kaki Kolektor. Nah ada 2 jenis Mic Condensor, yaitu yang berkaki 2 dan berkaki 3. Jika berkaki 2, maka kaki yang nempel di dinding mic berarti kaki Negatif yang harus digrounded, kaki satunya adalah terminal Kolektor yang disambung ke output. Jika berkaki 3, maka output dan kolektor (ke tegangan positif) dipisahkan. Nah dengan memahami prinsip ini, maka saya mendesain by-pass dari Kolektor tersebut dengan sebuah Reistor 5K6  disambungkan ke kutup positip PSU dengan tujuan memberikan tegangan positif pada Condensor Mic, sehingga BATEREI pada Mic Kancing bisa dilepas karena sudah tidak difungsikan lagi.
  2. Menambahkan POTENSIOMETER antara Resistor dan Kolektor (atau kaki positif Mic) untuk mengatur besarnya tegangan yang diumpankan ke kolektor, yang akan berpengaruh pada tingkat kepekaan Mic.

Skema lengkapnya sangat sederhana sekali seperti dapat dilihat di bawah ini:

Dengan komponen tambahan hanya 3 buah (yaitu Resistor, Kapasitor dan Potensiometer) yang harganya paling cuma 5 ribu, merakitnya pun cuma perlu waktu 10 menit saja, kita bisa mendapatkan Mic Kancing yang mengatasi 2 kelemahan utama yaitu:(1)  tidak perlu lagi pakai baterei, (2) bisa diatur tingkat kepekaannya.

Hanya saja karena rangkaian tersebut dipasang di dalam Amplifier maka diperlukan sedikit kerja tambahan “membongkar” Amplifier, yaitu memotong kabel dari jeck mic ke Pre Amp untuk disambungkan di Rangkaian dan melakukan solderan tambahan ke terminal di kutub positif PSU.

 

–000–

— Diperbolehkan untuk mengcopy, menjiplak, atau mengedarkannya tanpa perlu izin dari saya. —

— AHMAD SHOLEH —

 

About these ads

48 Komentar (+add yours?)

  1. har
    Jun 09, 2012 @ 13:09:22

    mas tolong saya minta no yang bisa dihubungi …ada yang angin sya konsultasikan tentang corong masjid……….terima kasih banyak ….. sms aja ke no ini 081326381379

    Balas

  2. bustanusstanus
    Jul 27, 2012 @ 17:21:14

    wah mantab, perlu dicoba juga,, btw orang kediri juga nih.. hehehe, matursuwun sanget.. :D

    Balas

  3. A6sweet
    Agu 05, 2012 @ 16:00:31

    mf mas awam, PSU tu singkatan apa ya??? bls

    Balas

  4. musthofa
    Agu 30, 2012 @ 09:54:54

    mas tolong aq bisa beli sama siapa ya dan harganya berapa mau aq buat pengajian tolong ya….

    Balas

  5. Anonymous
    Sep 05, 2012 @ 04:46:19

    mau dong mic rangkaian mas Ahmad Sholeh..

    Balas

  6. petrus
    Sep 14, 2012 @ 10:52:44

    mas saya mau tanya,
    saya punya speaker sahitel ms300, kan di barang tersebut tidak ada colokan mic nya, saya mau pasang sendiri, alat”/komponen apa saja yang dibutuhkan? dan bagaimana cara masangnya???
    jawabannya kirim ke email aja ya : whitewolf.peter@gmail.com

    Balas

  7. H.RACHMANI
    Sep 25, 2012 @ 15:53:50

    Apa gunanya trafo pd ekor corong mic toa? mhn info Bpa. Trim’s.

    Balas

  8. H.RACHMANI - PENDANG
    Sep 25, 2012 @ 16:04:31

    sy punya ampli mrk EKO 200 Watt. ampli tsb kalo di ON kn slalu berbunyi brom / kmasukn suara lisrik. akn tetapi kalau boddy ampliny dpegang suara bromnya hilang. bgaimana cra mnanggulanginy Pak? mhn silusi Bpk. TKS.

    Balas

    • AHMAD SHOLEH
      Okt 05, 2012 @ 11:59:32

      kemungkinan besar grounding nya kurang sempurna pak. coba dicek kabel yg seharusnya digrounding ke body ampli, apa sudah disolder (lengket) sempurna. Kemungkinan lain tegangan dari PSU kurang rata & stabil pak, ini baru bisa dilihat kalo dites pake Oscilloscope, coba ditambahkan Elco lagi (dgn disambung paralel ke Elco yg sudah ada). Jika stabilisatornya pake Transistor, coba antara basis dan colektor pada transistor paling awal diparalel dengan Diode Zenir (nilainya disesuaikan dgn besar tegangan keluaran).

      Balas

    • Ryan Kyoto
      Jul 13, 2013 @ 16:22:32

      Imbalik beh wa ai colokan listrik eh biasa eh umbet beh
      DARI…DIAN PENDANG HULU
      Y

      Balas

  9. H.RACHMANI Pendang Kalteng.
    Sep 26, 2012 @ 05:18:56

    Teman2 yg budiman, mari kita saling berbagi pengalaman di dunia elektronica. Telepon saya call: 085247057722

    Balas

  10. AHMAD SHOLEH
    Sep 30, 2012 @ 07:08:00

    aslmu alaikum. terima kasih bapak2 sudah sudi mampir ke blog ini. sebelumnya mohon maaf baru skrng bisa balas, krn kesibukan tugas kantor.
    @har dan bustanusstanus: salam kenal. http://www.facebook.com/ahmad.sholeh.9041
    @A6sweet: PSU = power supply unit, alias “adaptor”
    @musthofa: bisa dimodif dari yg udah jadi di toko mas. beli aja mic china (ada yg murah 60 ribu), terus dioprek seperti skema di atas.
    @Anonymous: s.d.a musthofa.
    @petrus: kalo gak ada colokan khusus, bisa dibikin baru pa, caranya pada capasitor kopel input (yang hubungkan ke pre amp) diputus, trus sambungkan mic seperti skema di atas.
    @H.RACHMANI: itu namanya Trafo Matching pak, untuk membatasi tegangan lebih ampli sekaligus sbg penyesuai impedansi. jadi speaker corong akan aman gak kebakar meskipun disambungkan ke amplifier dengan tegangan besar dan beda impedansinya dgn speaker.

    Balas

  11. petrus
    Okt 01, 2012 @ 09:13:47

    Maaf pak, saya masih belum paham dengan penjelasan singkat bapak, tolong diperjelas lagi,,,,

    Balas

    • AHMAD SHOLEH
      Okt 05, 2012 @ 11:15:34

      maaf pak, bisa ngga pak disertakan foto atau minimal gambar skematiknya pak? soalnya kalo cuma membayangkan disini, saya juga bingung, jangan2 salah persepsi. awalnya saya mempersepsikan sebuah AMPLIFIER yang gak ada colokan micnya, nah itu jawaban saya. mohon maaf jika saya salah persepsi

      Balas

      • petrus
        Okt 05, 2012 @ 15:39:05

        boleh minta alamat email pak?
        nanti fotonya saya kirim ke email bapak saja,,,

        Balas

        • AHMAD SHOLEH
          Okt 06, 2012 @ 16:49:22

          Balas

        • AHMAD SHOLEH
          Okt 13, 2012 @ 00:43:18

          sudah saya jawab di email pak. silakan dicek. singkatnya untuk standar pabrikan perangkat speaker aktif cuma terdiri power amp dan speaker (beberapa ada yg dilengkapi tone control), namun belum ada Pre Amp Mic. Jadi nggak bisa langsung di sambung ke microphone, harus ditambahi dulu preangkat Pre Amp Mic. Jadi urutannya, micropohone disambung ke input Pre Amp Mic, terus output Pre Amp Mic disambung ke input Speaker Aktif yg pa petrus punya.Pre Amp Mic bisa di taruh di dalam box speaker aktif, untuk supply tegangan (+) dan (-) diambil dari kutub +/- speaker aktif. Untuk rangkain Pre Amp Mic sederhana (cuma pake 1 transistor) udah sy kirim via e-mail pak, bisa dirakit di PCB kecil sebesar korek api. Atau bisa Bapak lihat di blog ini di http://matsholeh.wordpress.com/ , di gambar terakhir itu ada pula rangkaian Pre Amp Mic dengan 2 transistor C 828.

          Balas

  12. Dwi Adam
    Nov 26, 2012 @ 04:44:01

    assalamualaikum….asyik bener nih si mas,,,,ia mas,,,saya minta tutorialnya membuat microphone buat chatingan via kompi,,,saya ada banyak microphon bekas headset hp yang sudah tak terpakai,,,,bagai mana cara membuatnya….terimakasih,,,assalamu’alaikum

    Balas

  13. bambang
    Jan 15, 2013 @ 00:27:16

    ass wr wb
    maaf mas, mau tny.
    di mushola ada ampli toa jadul 90w, suaranya g normal. selain g keras, juga baru berbunyi kalau volume dibuka agak lebar. itupun kualitas suara trs ampang bgt. mohon pencerahan cara memperbaiki. trims
    wass wr wb

    Balas

  14. Anonymous
    Jan 31, 2013 @ 09:15:20

    mas tegangan yang masuknya berapa volt ?

    Balas

  15. H.RACHMANI
    Feb 09, 2013 @ 19:23:01

    Ass.wr.wb…
    Pak tlong sms sy ke No ini 085247057722 ADA YG PERLU SY TANYAKAN. TKS.

    Balas

  16. Anonymous
    Jul 14, 2013 @ 23:37:53

    Ass…kk tolong komponen2 apa yg di perlukan pd mic kancing yg tdk pakai baterey dan tolong gambar rangkaianmya di kirim juga.

    Balas

  17. Anonymous
    Jul 14, 2013 @ 23:48:16

    kk rangkainnya kurang jelas tlong di perbesar.

    Balas

  18. Anonymous
    Jul 30, 2013 @ 02:08:37

    Ass wr wb . mas gimana cara menghubungkan 1 atau 2 mic atau player usb dengan 2 ampli, 1 ampli khusus untuk speaker dan 1 ampli untuk salon kolom untuk masjid di kampung saya. tolong kasih solusinya trims. Wass

    Balas

  19. Farhan
    Okt 10, 2013 @ 12:14:59

    Pinter amat <(")

    Balas

  20. aghus
    Nov 06, 2013 @ 16:44:26

    gan ane pnya speaker aktif tpi gk ada colokan mixnya gmn cra menambahkan nya tolng bntu gan,…

    Balas

  21. aghus
    Nov 06, 2013 @ 16:49:10

    gan nie almt email ane tolong yaa gan.. putu aghus@gmail.com

    Balas

  22. david
    Nov 12, 2013 @ 08:16:06

    Gan, saya sangat tertarik dengan mic yang agan paparkan diatas. Kebetulan saya butuh mic kancing untuk nyanyi (anak saya mau nampil maen drum + bernyanyi). Kalo beli mahal gan. Bisa dishare tutorial pembuatan micnya ?

    Balas

  23. Anonymous
    Des 18, 2013 @ 06:46:02

    kalo yg model input balance (inputnya ada tiga, + – g ) gimana mas skema rangkaiannya ????

    Balas

    • AHMAD SHOLEH
      Mei 19, 2014 @ 13:07:08

      maksudnya input yg mana pak? kalo model mic condensor kaki 3, kaki paling luar yg nempel body disambung ke ground. kaki tengah ke potensiometer, kaki satunya lagi ke (+) PSU atu kalo skema di atas ke R 5K6

      Balas

  24. Kadarisman
    Des 23, 2013 @ 00:18:39

    Mas Sholeh, bagaimana rangkaian mic kancing ini jika diaplikasikan ke mixer ? saya di masjid menggunakan mixer baru ke ampli.

    Balas

  25. hilmi
    Des 23, 2013 @ 08:14:30

    mas ahmad belinya dimana?

    Balas

  26. yayan
    Des 27, 2013 @ 16:25:06

    Mas saya punya mic genggam tapi gk peka, kalo ngomong harus nempel mulut mic nya. Bisa gak ditingkatkan kepekaannya?
    Sama kayak pertanyaan petrus, kalo speaker aktifnya mau ditambai input mic tapi 2 input apa pre-amp mic nya jg harus 2?

    Balas

    • AHMAD SHOLEH
      Mei 19, 2014 @ 13:11:29

      betul pak, pre amp mic mesti dua, masing2 mic dipasang pre amp, terus sebaiknya disatukan dengan Mixer sebelum diumpankan ke power amp. rangkaian mixer sederhana silakan lihat di tulisan saya KS-013

      Balas

  27. ilon shopa
    Des 31, 2013 @ 08:13:56

    assalamualaikum mas..
    Makasih untuk tutornya, sangat membantu.
    Mas bisa minta gambar skema cara letak pemasangan pada pcb nya.. Mkasih

    Balas

  28. iwan
    Mar 22, 2014 @ 06:48:11

    kelihatanya harus dilanjuikan dengan membuat mixer audio sederhana misalnya mixer audio transistor

    Balas

  29. Mochamad Nur Ega
    Mei 01, 2014 @ 02:16:58

    assalamualaikum Pa boleh minta no hp nya , soalnya saya punya punya tugas dari sekola utuk buat alat komunkasi salah satunya ini. saya belum mengerti mohon bantuan nya ya Pa. ,mochamadnurega@gmail.com

    Balas

  30. ghany
    Mei 02, 2014 @ 10:35:37

    Assalamu ‘aaikum Mas soleh,
    Qmau tanya,Qpunya ampli spiker aktif yg udah support mic+echo dengan spesifikasi 1potensio mic volume terdapat 2 colokan jack in mic,, yg Qtanya
    1.Apakah tips KS-005 bs di aplikasikan ke ampli saya?gimana sketsanya?
    2.Berapa PSU untuk mic condensor ini?
    3.Agar lebih jelas tolong gambar sketsa kirim ke buayawae@gmail.com
    4.Matur suwun sanget mas soleh sak derenge,info kulo tenggo

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kelompok Judul:

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: