KS-003: Merakit Trafo IT dan Trafo OT untuk Power Amplifier

Dalam tulisan sebelumnya telah saya jelaskan tentang konstruksi Ampli model Trafo IT dan OT. Karena saat ini Trafo jenis ini sudah tidak lagi dijual di pasaran, maka alternatif satu-satunya harus merakit Trafo IT/OT sendiri jika akan membuat Ampli Trafo. Berikut akan saya jelaskan cara membuat Trafo secara Manual berdasarkan pengalaman saya waktu SMP dulu. Di bawah ini contoh Trafo OT buatan pabrik:

Sebenarnya merakitnya tidak terlalu sulit, hanya cara mendapat hitungan tentang berapa kebutuhan kawat kumparan, jumlah gulungan, besarnya kawat, dan luas penampang koker yg digunakan, haruslah dirancang terlebih dahulu secara tepat. Perancangan yang tepat bisa dibilang 90% dari keberhasilan.  Untuk menghasilkan rancangan yang tepat, terlebih dahulu harus di pahami dua teori terkait hal ini (maaf, bukan maksud menggurui, hanya mengingat-ingat lagi pelajaran di SMP dan SMA dulu … hehehe), yaitu:

  1. Teori Tegangan Dalam Kumparan (Referensi dasar: Buku Belajar Elektronika untuk SLTP, R.Soenardi, Tiga Serangkai, Solo, 1984). Teori ini untuk menentukan: jumlah lilitan, besarnya kawat, dan luas penampang koker yg digunakan sesuai dengan daya yang akan dicapai.
  2. Teori Indukstansi Faraday (Referensi dasar: Buku Fisika 2 untuk SLTA, Ganesha Eksak Bandung, 1990).  Teori ini diperlukan untuk menentukan arah lilitan.

Sebagai ilustrasi, inilah pengalaman saya dalam merakit Trafo IT dan Trafo OT untuk Ampli yang menghasilkan daya 100-200 watt adalah sebagai berikut  (angka-angka berikut didapat dari hitungan berdasarkan dua teori di atas, sengaja tidak saya sertakan “kertas kerja” perjitungannya, karena selain terlalu teknis juga akan menyita banyak ruang):

Cara Merakit TRAFO IT:

  1. Siapkan kawat email berisolasi (khusu buat kumparan) diameter 0,2 mm sepanjang 40 m.
  2. Siapkan rumah trafo dengan luas penampang 8 cm persegi beserta Besi E, atau seukuran Trafo PSU 500 mA. Untuk mudahnya beli saja Trafo PSU 500mA atau bisa diambil dari trafo bekas adaptor AC-DC 500mA yang telah rusak.
  3. Trafo PSU tersebut selanjutnya dibongkar kumparannya dibuang dan hanya diambil Rumah Trafo (dari plastik) dan Besi E-nya saja.
  4. Mulailah membuat kumparan pada Rumah Trafo dengan kawat email 2 mm tadi, dengan jumlah kumparan Primer = 200 lilitan, jumlah kumparan Sekunder = 2 x 80 lilitan CT.
  5.  Cara membuat lilitan pada Trafo IT dan OT harus dilakukan berselang-seling antara Lilitan Primer dengan Lilitan Sekunder secara bergantian saling menimpa. Yaitu: pertama dibuat lilitan primer dulu sampai selesai satu lapis kemudian dibalut pakai isolasi plastik, kemudian diatasnya ditimpa lilitan sekunder satu lapis terus dibalut lagi pakai isolasi, terus ditimpa lagi lilitan primer… dan seterusnya selang-seling sampai mencapai 200 lilitan primer dan 2 x 80 lilitan sekunder.
  6. Arah lilitan primer dan sekunder harus berlawanan, artinya jika lilitan primer dibuat searah jarum jam, maka lilitan sekunder dibuat berlawanan arah jarum jam, dan sebaliknya. Ini penting karena fungsi utama Trafo IT adalah sebagai PEMBALIK FASE, maka jika salah dalam melakukan arah lilitan maka menjadi “SE-FASE” alias tidak akan menghasilkan suara.

Cara Merakit TRAFO OT:

Cara merakit Trafo OT prinsipnya sama dengan cara merakit trafo IT, hanya berbeda di ukuran: jumlah lilitan, besarnya kawat, dan luas penampang koker, yaitu perlu:

-       Luas penampang Rumah Trafo = 12 cm persegi atau diambil dari bekas trafo 6 Ampere.

-       Jumlah liltan = 2 x 35 lilitan Primer, 60 lilitan sekunder.

-       Diameter kawat = 1,0 mm

Nah, mudah bukan? Selamat mencoba!

Untuk lebih detailnya, ada software perhitungan trafo IT/OT baik untuk konstruksi Tabung maupun Transistor, dapat didownload di : http://www.4shared.com/file/A4fuVxrV/TrafoCalvV31beta.html

 

 
—  @copyright tak dikawal —

—  Silakan menjiplaknya dan menyebarluaskannya tanpa seizin saya. Ahmad Sholeh  —

About these ads

41 Komentar (+add yours?)

  1. AHMAD SHOLEH
    Jan 25, 2012 @ 10:28:06

    Semoga berhasil

    Balas

  2. Anonymous
    Feb 22, 2012 @ 15:57:53

    ok boss tanks

    Balas

  3. Anonymous
    Mar 01, 2012 @ 03:40:05

    trms atas penjelasanya…
    Tlg dong kasih skema inverter
    DC12V to 42V-CT-42V.

    Balas

  4. AHMAD SHOLEH
    Mar 01, 2012 @ 09:20:20

    insya-allah akan saya sajikan pak di tulisan mendatang. Prinsipnya sebenarnya sama saja dengan inverter dengan menggunakan trafo PSU 12v to 220volt atau 12volt to 110volt. Kuncinya adalah bagaimana mendapatkan Trafo PSU yang punya V primer 12v dan V sekunder 42v. Trafo dengan tegangan sebesar ini pasti TIDAK DIJUAL di pasaran. Jadi harus MEMBUAT sendiri Trafonya atau mengumpar sendiri. Caranya tak terlalu rumit khan (jadi ingat pelajaran elektro di SMP dulu ttg cara membuat trafo…he..he…he…).
    Untuk TRAFO bisa dibuat dari bekas PSU 500mA-1A (dengan kern luas penampang 5cm persegi). Karena scr teknis hitungan, untuk kern penampang 5cm akan menghasilkan 1 volt per 10 lilitan (maaf sengaja rumus perhitungannya tak dimuat disini), maka didapat hitungan jumlah Lilitan Primer (Lp) dan Lilitan Sekunder (Ls) kumparan sbb:
    – Lp = 12volt = 12 x 10 = 120 lilitan
    – Ls (CT) = 2 x 42volt = 2 x (42 x 10) = 2 x 420 lilitan.

    Sedangkan Skema Elektronisnya, silakan di googling banyak sekali variannya, yang populer dgn Tr Final 2N3055 kombinasi oscilator Tr NPN tipe kecil atau IC (yg populer dgn IC LM-741 atau LM-555). Tinggal diganti Trafo PSU nya dgn Trafo bikinan sendiri sesuai perhitungan di atas. Besarnya Ampere (akan berpengaruh pada Watt output), tergantung dari besarnya kawat yang dipakai.

    Balas

  5. Anonymous
    Apr 19, 2012 @ 06:15:51

    assalamualaikum wr. wb.

    Balas

  6. Ari Wibowo
    Jun 18, 2012 @ 04:26:51

    asslmkm pak Soleh dan semua kawan yang pinter2 dan baik hati…”

    saya pingin buat trafo las listrik DC dari tenaga aki, jika sekarang saya punya aki mobil 12v/80A sebanyak 3 buah kemudian saya susun seri sehingga sya dapatkan tegangan 36v/80A…
    dan saya mau membuat trafo dengan input 36v/80A tersebut dan output dari lillitan sekundernya sekitar 30V/96A, dan kemudian yang mau saya tanyakan ;
    a). jika saya menggunakan keren jenis mono/ keren tunggal maka
    berapakah besar keren yang harus saya gunakan baik panjang,
    lebar maupun tinggi keren tersebut…?
    b). berapakah jumlah lilitan primer dan sekundernya..??
    c). berapa mm kah besar lilitan yang harus digunakan untuk bagian
    primer dan sekunder…???
    d). kemudian bagai mana cara menyusun/ menggulung kawat pada
    keren yang benar.
    1). untuk susunan yangbenar apakah gulungan primer harus
    ditindih sama gulungan sekunder, ataukah gulungan primer
    dan gulungan sekunder di susun sendiri2 (‘P’ di keren bagian
    bawah dan ‘S’ di gulung di keren bagian atas)…….????
    2). bagaimanakah konfigurasi arah lilitan yang benar baik primer
    maupun sekunder………????

    besar harapan saya untuk mendapatkan jawaban dari pak soleh atau kawan2 smuanya. tks

    Balas

  7. indra's
    Jun 24, 2012 @ 15:04:09

    oke pak guru,awak mau nanya cara bikin trafo step up tjang input 12 volt sama outputnya 18 volt kalo ada yang keluarannya lebih tolong kasih tau juga,terus pak CT nya ini lari kemana pak guru,sekalian bantu saya nyari inverter nya dari 12 volt jadi 220volt atau lebih dah tu aja mohon bantuannya ya pak guru.

    Balas

  8. joe8370
    Jun 28, 2012 @ 10:53:51

    mas mw nanya nih untuk ukuran2 kwat email contohnya trafo 500mA,1A,2A,3A dst tu ukuran kwat email bgian P nya berapa? S nya berapa?

    Balas

  9. joe8370
    Jun 28, 2012 @ 10:56:14

    oy tu ukuran diameternya mas,bukan pnjangnya.

    Balas

  10. Sodikin, SST
    Jul 06, 2012 @ 02:27:08

    Terima kasih Pak Ahmad Sholeh, menambah penjelasan dan wawasan dalam mengulung OT/IT, cuma saya tertarik pada tekhnik yang menggunakan tabung/tube untuk modulasinya.

    Balas

  11. bustanusstanus
    Jul 27, 2012 @ 17:07:09

    wah nemu jawabannya akhirnya hehehe, terima kasih Pak Guru atas ilmunya, pengen coba… semoga berhasil :)

    Balas

  12. ADI
    Agu 06, 2012 @ 12:31:48

    ALAMATNYA?

    Balas

  13. Zholid
    Agu 28, 2012 @ 18:20:54

    Salam

    Balas

  14. imron
    Sep 28, 2012 @ 03:39:06

    salam sejahtera…
    saya mau tanya mengenai cara membuat trafo IT n OT, stahu saya prinsipnya sam seperti cara membuat trafo step up…apakah ukuran kawat antara primer n sekunder dari masing2 trafo adalah sama perbandingannya…untuk IT lebih besar primer dari pada sekunder kwatnya..sedangkan OT lebih besar sekunder dari pada primer…mohon pencerahan n korksinya bila teori saya tersebut slah…

    Balas

  15. AHMAD SHOLEH
    Sep 30, 2012 @ 04:33:24

    Asalau’alaikum. sebelumnya sy ucapkan terma kasih tlah sudi mampir ke blog saya ini. mohon maaf krn kesibukan tugas kantor, udah 2 bulan lebih blog ini “terlantar”, blum sempat update lagi.
    @Anonymous: wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh
    @Ari Wibowo: maaf pak, kalo dari baterei/aki sebelum masuk trafo satu fase, meski melalui rangkain “inverter” dulu yg berguna mengubah arus DC aki menjadi AC sebelum diumpankan ke Trafo, krn scr teoritis induksi listrik hanya dapat tercipta dari arus AC. Jadi kalo aki langsung disambung ke trafo, tanpa dikopel inverter, gak akan timbul induksi tegangan output. Jika Bapak udah punya invertenya, tinggal ngerakit trafonya aja. Sebenarnya satu aki 12v/80A saja sudah cukup, tinggal ngerakit inverter dgn input 12v, output sesuai input trafo (given trafo las Vp220v, Vs=50-85v). Mungkin terlalu teknis, dan panjang kalo dibahas disini, tentang teknik merakit trafonya. Jumlah kumparan bisa bervariasi, tergantung esarnya kern dan diameter koker. Besar arus tergantung besar diameter kabel kumparan. Jadi ingat pelajaran Elektro di SMP dulu hehehe… Untuk lebih jelasnya pak, bisa diliat buku elektro SMP yang sangat bagus menguraikan teknik membuat trfao. ini bukunya: “BELAJAR ELEKTRONIKA 2″ untuk SMP Kelas 2, pengarang: CM Prasojo, A.Mujito, Mulyadi WA, penerbit Tiga Serangkai Solo, cet-1 1982, cet-6 1990. Di buku itu juga ada Tabel diameter kawat, untuk menentukan besarnya arus yg dibutuhkan.
    @indra’s: Kalo tenik membuat trafo bisa dilihat di buku referensi yg saya sebutkan di atas pak. ngga tau sekarang masih ada di toko buku ato ngga. Kalo mudahnya pake aja koker yg luas penampangnya 5 cm persegi (p=2, t=2,5) krn dgn koker tsb didapat tegangan 1 volt per 10 lilitan. jadi kalo perlu 12 volt, berarti dibutuhkan 120 lilitan, 18 vol = 180 lilitan, dll. Untuk skema inverter, banyak sekali variannya, digoogling aja banyak pak. Dan salah satunya ada di blog saya ini di bagian tulian yg lain (judul KS-011)
    @joe8370: Untuk trafo PSU, tulisan “ampere” dilihat dari sisi OUTPUT. Misal untuk trafo 500mA, input 220, output 12 v. Berarti untuk untuk output 500mA Kawat sekunder memakai diameter 0,5mm (angka ini ada di Tabel Arus, 500mA > 0,5mm, insya-allah dalam kesempatan lain akan saya sajikan tabelnya). Sedangkan besarnya kawat Primer, dihitung dgn mencari arus primer (Ip) terlebih dahulu. Untuk Ps = Is x Vs = 500mA x 12v= 6watt, sehingga untu Ip = Vp/Vp = 6w/220v = 27mA ampere. Di tabel, untuk arus 27mA, diameter kawat adalah 0,1mm. Kesimpulan: untuk Trafo 500mA, diperlukan kawat 0,1 mm untuk kumparan primer, dan 0,5 mm untuk kumparan sekunder)
    @Sodikin, SST: makasih kembali pak tambahannya, memang Trafo OT dulu pertama dirancang untuk mengkopel final amp Tabung sebelum diumpankan ke speaker.
    @bustanusstanus: sama2 pak.
    @ADI: Datang aja ke Masjid Al-Ikhwan, Pabuaran pak, insya-allah ketemu saya. ini FB saya: http://www.facebook.com/ahmad.sholeh.9041
    @Zholid: salam …
    @imron: ada perbedaan mendasar pak antara trafo PSU dengan Trafo IT/OT. PSU dirancang untuk menimbulkan induksi listrik, IT/OT diambil induksi modulasinya. Teknik mengumparnya pun beda, seperti yg sy uraikan di atas

    Balas

  16. Anonymous
    Okt 23, 2012 @ 13:24:29

    Mau tanya ni pa,kalo trafo stepdown 5 amper bisa dirubah jadi trafo step up ga.Klo bisa gimana caranya,makasih sebelumnya mau berbagi ilmu.Salam

    Balas

    • AHMAD SHOLEH
      Okt 31, 2012 @ 02:46:39

      secara teori bisa pak, dengan syarat harus sesuai sumber tegangan primernya. Misal: Trafo PSU step-dowan dengan Vp (tegangan primer) = 220 volt dan Vs (tengangn sekunder) = 12 volt, bisa diubah menjadi step-up dari 12 volt ke 220 volt . caranya dgn membalik Vp dijadikan Vs dan sebaliknya, disambung ke rangkaian inverter penaik tegangan dari 12v ke 220v, dengan sumber tegangan 12 volt (dari accu misalnya)

      Balas

  17. Ramos
    Nov 02, 2012 @ 09:50:20

    Pak Ahmad, saya mau nanya.
    kalau cara membuat travo penaik amper (step up amp) dengan input 220V 4A (low Ampere) dari tegangan rumah dan out put travonya 220V 20A (high Ampere) untuk mendongkrak VA atau watt output powernya. Misalnya gini saya memakai listrik PLN di rumah 900VA, sehubungan dengan pemakaian alat2 elektronik yg semakin di butuhkan maka suplay tersebut kurang dan saya kepingin ada travo yg bisa meng coper power yg saya butuhkan sampai 2200 VA atau mungkin di kemudian hari bisa lebih sesuai dengan kebutuhan, tetapi menggunakan power incoming rendah mis: 0,5 A atau 1 A…..atau istilah krennya makannya sedikit kerjanya maximal……hehehe

    Maaf sebelumnya jika pertanyaan saya ini merepotkan pak Ahmad, saya awam dengan istilah dan gulungan travo….mohon bantuannya…..

    Balas

    • AHMAD SHOLEH
      Des 06, 2012 @ 13:09:59

      Secara Teori, besarnya daya sekunder TIDAK mungkin bias melebihi daya primer.
      Kalo supply Primer PLN di rumah Bapak adalah 220v, 4A, maka daya primer maksimal adalah 220 x 4 = 880 VA (watt).
      Nah, berarti daya sekunder maksimal (dgn asumsi rendemen 100%) adalah 880 VA (watt), tidak mungkin lebih dari itu, apalagi kalo diharapkan akan mampu men-supply sampai 2200 VA, sangat tidak mungkin.
      Maka jika Bapak mempunyai peralatan elektronik yang memerlukan arus 20 Ampere, maka maksimal tegangan output yg mampu diangkat adalah 880/20 = 44 volt.
      Misal, Jika misalnya Bapak punya Amplifier yang memerlukan tegangan 100 volt, 10 Ampere, maka jelas Ampli tersebut nggak akan “bunyi” secara optimal karena maksimal arus yang mampu disupply adalah 880/100 = 8,8 Ampere, atau kurang dari 10 Ampere alias kurang dari yang dibutuhkan. Solusinya ya mesti TAMBAH DAYA dulu ke PLN, dari 880 watt (bukan 900 watt, karena itu hanya “label PLN”, sebenarnya maksimal Cuma 880 watt) minta aja dinaikkan ke 4400 watt (pake MCB 20 A).

      Balas

  18. sugeng
    Nov 19, 2012 @ 23:14:54

    Asalammualaikum..saya ingin membuat power ampli pk IT/OT sehubungan bnyk pasien saya dr musholla2 yg ingin bikin ampli jadul ini krn bisa lgsung pk accu 12v ktk listrik padam. Yg saya tanyakan apakah menggulungnya hrs rapi pak?

    Balas

    • AHMAD SHOLEH
      Des 06, 2012 @ 13:28:06

      wlkmslm. ya pak, mesti rapi dalam arti antara lilitan primer dan skunder harus digulung simultan lapis demi lapis. ini beda dengan trafo PSU yg mengumparnya terpisah antara lilitan primer dan sekundernya.

      Balas

  19. Kak Totok
    Des 14, 2012 @ 16:41:05

    Salam kenal, terima kasih infonya sangat membantu

    Balas

  20. bambang
    Des 16, 2012 @ 15:40:22

    ass wr. wb.
    menyenangkan sekali artikel bpk. smg menjadi amal jariyah, ya pak.
    wass wr wb

    Balas

  21. bambang
    Des 16, 2012 @ 23:55:18

    ass wr wb.
    maaf pak.luas kern OT artikel diatas, yang dimaksud dg 12cm persegi itu kok kaya2nya kecil. luas kern bag yg mana, pak? nuwun
    wass wr wb

    Balas

  22. syfa
    Jan 17, 2013 @ 14:21:32

    Askum pak soleh,saya tertarik pd trafo ot yg bapak tuliskan..apakah jumlah lilitannya hanya segitu dan sesimple itu pak.kawat email 1mm utk primer 70 lilitan,skunder 60lilitan dgn cara lilit tumpang tindih dan berlawanan arah..?? apakah nanti tidak terjadi short,atau hubungan pendek pada saat di applikasikan ke amplifier? krn klo tr semisal tip 41c atw D313 dan sejenis,jika terjadi short pada output nya lgsung keluar jin dan bau khas pak..??
    mohon maaf jika saya keliru,dan jika yg bapak tulis itu mmg bgitu ada nya,sepertinya qt mmg hrs uji praktek pak,korban bbrp tr saya rasa ga masalah,klo berhasil alhamdulillah,klo ga berhasil TR nya yg innalillah..trims pak soleh ( pak tolong jg jwbn bpk kirim melalui hp,krn saya jarang ol.085370530700)

    Balas

  23. Anonymous
    Jan 24, 2013 @ 06:25:02

    sangat membantu gan

    Balas

  24. Roy
    Feb 15, 2013 @ 12:00:13

    Ship

    Balas

  25. rudy
    Feb 28, 2013 @ 11:18:30

    salam kenal pak,pak saya mau tanya ada rangkaian sederhana ndak untuk buat inverter 12v menjadi 30 ct

    Balas

  26. supri
    Apr 11, 2013 @ 07:41:17

    Aslmlkm, mau tanya pak, spt disebutkan di atas, jml gul skunder OT 60 llt, bgmn membuat tap2 spt OT yg asli utk imp output 4, 8, dan 16 ohm. shg nanti dpt digunakan pd imp spkr yg berbeda2. trimaksh dan slm kenal.

    Balas

  27. Manxu leosmo
    Mei 03, 2013 @ 19:35:19

    Aslmualaiqum
    M’f p. Sole sya jg mau tax. Bagaimana carax membuat trafo IT dn OT buat tegangan strom Dc 42v. Agar hasil tenaga otputx smakin kuat stidaknya bsa di gunakn 8 CORONG scra pararel dgn satu amply. Krn suda sya coba menggunakn strom 12v dgn trafo ac 20 am bell dn trafo OT 10 A bel yg suda menggunakan tarnsistor sanken 10 set hasilx tidak mampu menendang 8 corong hehehe. Tolong di kasi saran ea p. Soleh

    Balas

  28. tamami hm
    Jun 04, 2013 @ 05:57:56

    matur suwun ngilmune pak….

    Balas

  29. kuswanto
    Jun 09, 2013 @ 16:00:56

    pak ahmad,mampukah travo 10A 80v,digunakan utk las listrik dg welding terendah(ukuran260),itu aja terimakasih…

    Balas

  30. Anonymous
    Jun 27, 2013 @ 05:06:51

    gan kira2 untuk travo 30amp primer dan sekundernya brapa meter ya,info nya krim ja ke mail kt.husnis4@gmail.com

    Balas

  31. miftah rahma
    Sep 13, 2013 @ 09:48:48

    untuk perhitungan trafo impendensi untuk power ampli tabung bagaimana cara atau rumusnya pak sholeh..terima kasih..

    Balas

  32. Ivanka Pratama
    Okt 11, 2013 @ 19:32:14

    mas guru mf sblmnya mau tanya gimana cara menghitung daya trafo OT? apa sama dengan menghitung daya trafo listrik?

    Balas

  33. Rizqhie Offie
    Nov 26, 2013 @ 12:43:32

    mishi Om Ahmad, Lam kenl.Sya prnh bikn OT asal”n,smpai skrg msh axiss d mUshola. Pada Crossvr Aktf brpa nilai C nya Om?

    Balas

  34. MAKHABBILLAH MAXAR ALPARUQI
    Des 07, 2013 @ 03:28:33

    assalamu w2 ms guru soleh klo rangkain inverter yg pkai trfo asematic bsa jumlh lilitan sgt sedikit.cnth yg 16V cmn 8 L

    Balas

  35. wahyudi
    Jan 08, 2014 @ 11:14:58

    gimana cara seri travo 10A big
    0 110 0 110 135

    Balas

  36. Denyferry
    Jan 20, 2014 @ 10:21:24

    Pak guru tlng d jlaskn cra bt trafo CT bt power amplie,d btuhkn kbel ukuran brpa? Pda gulungan 1,2,3,4 brpa jmblah lilitan?

    Balas

  37. mas kuri
    Feb 25, 2014 @ 14:22:23

    salam kenal pak.dan terima kasih artikelnya merakit travo IT dan OT…

    Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kelompok Judul:

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: