KS-002: Memperbaiki Loudspeaker Corong yang rusak berat

Minggu lalu speaker corong TOA milik masjid rusak karena terlalu besarnya daya ampli. Kebetulan masjid baru saja membeli ampli dengan daya yang cukup besar. Saya lupa memberi tahu petugas masjid bahwa speaker corong tidak boleh langsung disambung ke amplifier karena daya speaker corong cuma 25 watt sedangkan amplifier yang dipakai berdaya 250 watt. Maka agar spkeaker tidak terbakar, harus disbungkan dulu ke trafo matching, baru dihubungkan ke amplifier.  Maka jelas saja ketika 2-3 kali dicoba dihubungkan ke ampli, speaker akhirny jebol.

Kalo speaker corong rusak, solusinya gampang saja yaitu tinggal diganti SPOEL-nya, karena komponen utama lainnya (magnet & membran equalizer) didesin cukup powerfull yang tentunya masih bagus. Masalahnya saat ini komponen SPOEL tersebut susah dicarinya karena sudah jarang dijual. Dan sebenarnya SPOEL bisa dibikin sendiri dengan cara dibuatkan kumparan secara manual. Dulu di Kediri saya sering membuat kumparan semacam itu, tapi sekarang nggak sempat lagi karena perlu banyak waktu luang. Insya-allah dalam kesempatan lain, masih melalui blog ini, saya  akan bagikan “sedikit ilmu” mengenai cara membuat kumparan spoel speker secara manual.

Untungnya, berdasar info dari rekan komunitas elektro di Depok ternyata di Depok ada pabrikan yang memproduksi spare part TOA (kalo nggak salah namanya PT Galva Industri). Segera saya pacu motor ke Depok untuk “memburu” satu spare part yang bernama “spoel”. Singkat cerita, alhamdulillah akhirnya berhasil dapat. Dan akhirnya speaker corong masjid bisa diperbaiki dan berfungsi kembali.

di bawah ini Gambar SPOEL yang aku potret dari Aslinya, sebelah kiri tampak dari ATAS, sebelah kanan tampak dari BAWAH:

 

Nah, dalam kesempatan ini saya akan membedah cara mengganti spoel speaker corong yang rusak. Begini caranya:

  1. Letakkan speaker menghadap ke bawah (corong menghadap tanah) agar mudah dilepaskan screw-nya dan magnet tidak jatuh berantakan waktu screw terlepas.
  2. Lepaskan semua screw secara berurutan mulai dari yang terluar, yaitu dimulai dari screw yang melekatkan plat corong dengan casing belakang sampai screw terdalam (yang menjepit magnet, spoel, dan membran equalizer).
  3. Lepaskan 2 kabel penghubung spoel dari soketnya.
  4. Angkat magnetik ke luar, lepaskan spoel yang telah rusak/putus dari liang magnetik.
  5. Bersihkan liang magnetik dari debu dan kotoran lainnya. Ini penting karena “sebutir debu” pun bisa berakibat fatal, bisa menggores kawat spoel yang berakibat putusnya kawat tsb.
  6. Masukkan spoel baru ke dalam liang magnetik secara hati-hati. INGAT: Pada saat memasukkan spoel, TIDAK BOLEH menyentuh dinding magnetik karena goresan dinding bisa menyebabkan putusnya kawat kumparan spoel. Karena liang magnetik sangat sempit (+ 1 mm) maka jika perlu gunakan kaca mata pembesar untuk memastikan spoel tidak menyentuh liang magnetik.
  7. Setelah spoel masuk, susun kembali ke dalam casingnya bersama membran equalizer.
  8. Sambungkan kembali  2 kabel penghubung spoel pada soketnya.
  9. Pasang kembali plat corong dan kencangkan semua scerw. SELESAI.

—-  @copyright tak dikawal —

—  Silakan menjiplaknya dan menyebarluaskannya tanpa seizin saya. Ahmad Sholeh  —–

About these ads

10 Komentar (+add yours?)

  1. AHMAD SHOLEH
    Jan 25, 2012 @ 10:52:10

    mudah bukan taman2 caranya? jadi kalo pas kebetulan teman2 jalan ke pasar loakan ato PKl trus tahu ada Speaker Corong dijual kiloan (karena udah rusak berat) maka beli aja, ntar kita betulin.

    Balas

  2. nasrudi
    Jun 18, 2012 @ 14:44:52

    assamu,alaikum.slm kenal pak haji.sy jama,ah masjid attaqwa duren baru utara ctym.

    Balas

  3. nasrudi
    Jun 19, 2012 @ 00:34:21

    assalamu,alaikum pak,slm knl sy jama,ah msjd attaqwa duren baru citayam

    Balas

  4. nasrudi
    Jun 19, 2012 @ 00:36:06

    slm knl,pak sy jama,ah msjd attaqwa duren baru citayam

    Balas

  5. Ian
    Jul 16, 2012 @ 04:15:23

    Mas? Cara pasang trafo matching nya gimana? Dari out put ampli terus ke speker atau gimana

    Balas

  6. Ian
    Jul 16, 2012 @ 04:17:05

    Mohon penjelasan nya

    Balas

  7. AHMAD SHOLEH
    Sep 30, 2012 @ 02:28:15

    seblumnya makasih bapak2 sekalian sudi mampir ke blog ini. mohon maaf krn kesibukan kantor, udah lebih 2 bulanan gak update blog saya ini. Insya-allah sekarang mulai update lagi. mohon masukan dan bimbingannya ya…
    @nasrudi: salam kenal juga. kalo mampir ke Masjid Al-Ikhwan, insya-allah ketemu saya pak…
    @Ian: kalo Trafo pabrikan Jepang/China mudah saja pak masangnya krn sudah ada tep-tep bertuliskan resistansi impedansinya. Untuk impedansi output biasanya udah given di set 8Ω. Input ada 2 terminal tegangan masukan, Rendah (70 volt) dan dan Atas (100 volt) dengan berbagai pilihan Impedansi Input (berbeda2 pada merk trafo yg beda), misal 80Ω. 170Ω, 330Ω, 670Ω. Pilhan impedansi bisa bebas, pengaruhnya pada daya keluaran yg berbanding terbalik dengan besarnya impedansi. Artinya, makin besar impedansi, makin kecil daya output. Yang perlu diperhatikan adalah berapa tegangan keluaran maksimal power amplifier. Sambungkan output amplifier pada input trafo yang sesuai, 70v atau 100v. Yang susah jika kita nemu trafo rakitan yang polos, gak ada tulisan input-output, impedansi, dll, perlu pengukuran terlebih dahulu. sekian pak, kalo ada yg kurang atas jawaban ini, mohon masukannya ya.

    Balas

  8. Anonymous
    Feb 16, 2013 @ 04:05:47

    sering jebol apa masalahnya ya mas ?
    tlng dikasi cara ya !

    Balas

  9. Iwan prakoso
    Feb 21, 2013 @ 11:53:40

    Good experience, but I want you are explaining your experience about broke equalizer and how to prepare it?

    Balas

  10. imam maulana
    Des 17, 2013 @ 04:02:25

    Assallamualaikum Wr. Wb. Pak Ahmad mohon bimbingan nya, cara pasang alat yang disebut trafo matching itu gimana antara TOA dan si mixer/ampli, terus beli trafo nya ada gak? terima kasih sebelum nya pak…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kelompok Judul:

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: